Analisis Pengelolaan Dana Simpanan Syariah Anggota Dalam Perspektif Hukum Islam Tahun 2015 (Studi Kasus Di KJKS BMT Surya Madani Boyolali)

Ani, Sri and , Dr. Wafrotur Rohmah, MM. (2015) Analisis Pengelolaan Dana Simpanan Syariah Anggota Dalam Perspektif Hukum Islam Tahun 2015 (Studi Kasus Di KJKS BMT Surya Madani Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PULIKASI)
FULL.pdf

Download (252kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
01. HALAMAN DEPAN ku.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

KJKS BMT Surya Madani sebagai lembaga keuangan mikro yang berbasis syari’ah muncul berdakwah dan menawarkan solusi bagi masyarakat kelas menengah. KJKS BMT Surya Madani lebih mengembangkan usaha pada sektor keuangan dalam hal simpan. Usaha ini seperti usaha perbankan yakni menghimpun dana anggota serta menyalurkannya kepada sektor ekonomi yang halal dan menguntungkan. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan pengelolaan dana simpanan syari’ah anggota di KJKS BMT Surya Madani Boyolali dalam Prespektif Hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di KJKS BMT Surya Madani. Sumber data dalam penelitian ini Manajer KJKS BMT Surya Madani, perwakilan karyawan customer service dan pembukuan pengelolaan simpanan syari’ah anggota dan perwakilan anggota simpan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data interactive model meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Pengelolaan dana simpanan syari’ah anggota di KJKS BMT Surya Madani sesuai dengan hukum Islam. 2) KJKS BMT Surya Madani dalam hal simpanan syari’ah anggota menggunakan akad mudharabah muthlaqoh, 3) Pengelolaan simpanan syari’ah anggota melakukan kegiatan menyalurkan dana. Penyaluran dan yang dilakukan yaitu prinsip bagi hasil, pembiayaan bersama bagi hasil, prinsip jual beli, prinsip sewa, gadai, pinjaman kebajikan. 4) Pengelolaan dana simpanan syari’ah anggota memiliki kendala usaha. Kendala yang terjadi yaitu adanya siklus tahunan yang cukup berpengaruh terhadap likuiditas, belum adanya lembaga yang menjadi penyangga likuiditas, dan keraguan masyarakat di sekitar KJKS BMT Surya Madani tentang bagi hasil yang diterima oleh anggota simpan, serta akad mudharabah muthlaqoh masih awam bagi masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan dana, simpanan syariah anggota hukum Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110036
Date Deposited: 18 Nov 2015 07:08
Last Modified: 12 Oct 2021 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39500

Actions (login required)

View Item View Item