Peningkatan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Pada Siswa Kelas II SDN Bumiayu 01 Tahun Pelajaran 2014/2015

Julistiyarini, Muria and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Pada Siswa Kelas II SDN Bumiayu 01 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. Artikel Publikasi.pdf

Download (664kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (695kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
1. PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui model pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) pada siswa kelas II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bumiayu 01 yang berjumlah 20 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaa, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan belajar IPA dapat dilakukan melalui model pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) pada siswa kelas II SDN Bumiayu 01 Tahun Pelajaran 2014/2015 . Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan belajar siwa dalam pembelajaran IPA dari siklus I dan siklus II. Pada prosentase keaktifan siswa sebesar 65% atau 13 siswa yang aktif dan siklus terakhir siklus II sebesar 80% atau 16 siswa yang aktif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar ipa, creative problem solving (cps)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Nov 2015 04:59
Last Modified: 11 Oct 2021 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39462

Actions (login required)

View Item View Item