Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Materi Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Permainan Kartu Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Pegandan 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester 2 Tahun 2014/2015

Hapsari, Maria Aprodita Dyah and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Materi Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Permainan Kartu Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Pegandan 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester 2 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang siswa di kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Pegandan 01, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, yang hampir semuanya tidak mempunyai motivasi dalam belajar dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan permainan kartu, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi berupa daftar nilai. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisa data melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui penggunaan permainan kartu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 SDN Pegandan 01 Pati dari kondisi awal dengan rata-rata skor hasil pengamatan sebesar 1.36 atau 10 % , kemudian diadakan perbaikan dengan menerapkan permainan kartu pada pada siklus 1 dan mengalami peningkatan pada motivasi belajar siswa sesuai dengan skor hasil pengamatan pada 6 indikator motivasi belajar dengan rata-rata sebesar 2.22 atau 42.5 dan pada siklus 2 mencapai 3.38 atau 85 %. Pembelajaran menggunakan permainan kartu juga dapat meningkatakan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar, karena dalam mengikuti pembelajaran akan membiasakan siswa untuk selalu berusaha dengan gigih dan perhatian, tekun dan kreatif serta mandiri. Kesemuanya melatih siswa untuk aktif menjawab pertanyaan dari guru. Melalui penggunaan permainan kartu pada pembelajaran di sekolah dasar dapat menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat untuk diterapkan di kelas dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, selain melatih guru untuk terampil dalam memahami kebutuhan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, pembelajaran matematika, permainan kartu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Nov 2015 04:24
Last Modified: 11 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39459

Actions (login required)

View Item View Item