Hapsari, Maria Aprodita Dyah and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Materi Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Permainan Kartu Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Pegandan 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester 2 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (274kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang siswa di kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Pegandan 01, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, yang hampir semuanya tidak mempunyai motivasi dalam belajar dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan permainan kartu, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi berupa daftar nilai. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisa data melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui penggunaan permainan kartu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 SDN Pegandan 01 Pati dari kondisi awal dengan rata-rata skor hasil pengamatan sebesar 1.36 atau 10 % , kemudian diadakan perbaikan dengan menerapkan permainan kartu pada pada siklus 1 dan mengalami peningkatan pada motivasi belajar siswa sesuai dengan skor hasil pengamatan pada 6 indikator motivasi belajar dengan rata-rata sebesar 2.22 atau 42.5 dan pada siklus 2 mencapai 3.38 atau 85 %. Pembelajaran menggunakan permainan kartu juga dapat meningkatakan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar, karena dalam mengikuti pembelajaran akan membiasakan siswa untuk selalu berusaha dengan gigih dan perhatian, tekun dan kreatif serta mandiri. Kesemuanya melatih siswa untuk aktif menjawab pertanyaan dari guru. Melalui penggunaan permainan kartu pada pembelajaran di sekolah dasar dapat menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat untuk diterapkan di kelas dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, selain melatih guru untuk terampil dalam memahami kebutuhan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, pembelajaran matematika, permainan kartu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 04:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39459 |
Actions (login required)
View Item |