Sulistiawan, Endra Budi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi Pada Model Pembelajaran Kooperatif Stad (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 1 Sidoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (857kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (832kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika bagi siswa kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 1 Sidoharjo tahun ajaran 2014/2015 melalui pendekatan saintifik terintegrasi model pembelajaran kooperatif STAD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator yaitu: Siswa yang mampu mengajukan dugaan sebelum tindakan 10 siswa (33,33 %), pada akhir siklus I 15 siswa (50,00%) dan pada akhir siklus II 25 siswa (83,33%), siswa yang mampu melakukan manipulasi matematika sebelum tindakan 7 siswa (23,33%), pada akhir siklus I 17 siswa (56,67%) dan pada akhir siklus II 24 siswa (80,00%), siswa yang mampu memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi sebelum tindakan 8 siswa (26,67%), pada akhir siklus I 16 siswa (53,33%) dan pada akhir siklus II ada 23 siswa (76,67%), siswa yang mampu menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika yang diberikan sebelum tindakan ada 5 siswa (16,67%), pada akhir siklus I ada 19 siswa (63,33%) dan pada akhir siklus II ada 26 siswa (86,67%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik terintegrasi model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran matematika, pendekatan saintifik, student team achievement division |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 03:57 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39452 |
Actions (login required)
View Item |