Fadlen, M. Zakiyan and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
9. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (558kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Siklus I dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari dua pertemuan, sedangkan siklus II dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari satu pertemuan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa (20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa (70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus, terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan mahasiswa, Snow Balling |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 03:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39363 |
Actions (login required)
View Item |