Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Di kelas III Semester II SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun pelajaran 2014/2015

Astuti, Puji and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Di kelas III Semester II SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (677kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sumber energi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas III SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Penelitian ini menggunakan modelPenelitian Tindakan Kelas(PTK)yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan terhadap 14 siswa kelas VSDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati pada semester II tahun pelajaran2014-2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi, data tentang efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sumber energi siswa kelas III SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangin Kabupaten Pati pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Peningkatan ini ditunjukkan oleh prosentase motivasi belajar siswa yang meningkat dari 29% pada kondisi awal menjadi 65 % pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning )tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sumber energi siswa kelas III SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati semester II/2014-2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Nov 2015 05:00
Last Modified: 11 Oct 2021 01:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39343

Actions (login required)

View Item View Item