Setyorini, Wahyu Budi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Kreativitas Belajar Menulis Narasi Sederhana Melalui Metode Cl – Circ Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Negeri Gabus 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (577kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dilihat berdasarkan observasi yang dilakukan selama mengajar, kreatifitas belajar menulis narasi sederhana yang dilakukan rendah. Alasan dari rendahnya kreativitas belajar Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri Gabus 01 karena guru menggunakan metode mengajar yang tidak sejalan dengan materi pelajaran dan sudah terbiasa hanya mengejar konsep pembelajaran sehingga siswa kesulitan untuk menguasai materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar menulis narasi sederhana melalui metode CL – CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri Gabus 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode CL-CIRC yang sesuai dengan materi menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kreativitas belajar menulis narasi sederhana melalui metode CL-CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri Gabus 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 adalah secara individual kreativitas menulis narasi menggunakan metode CL-CIRC yang tergolong tinggi sebanyak 86,67 % dan yang tergolong sedang sebanyak 13, 33 % termasuk kategori normal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis narasi menggunakan metode CL-CIRC secara individual mencapai kemampuan tinggi sebanyak 53, 33 % dan yang tergolong sedang sebanyak 46,67 % termasuk kategori normal. Dari matode pembelajaran yang digunakan lebih efektif menggunakan matode CL-CIRC karena secara individual kemampuan menulis narasi menggunakan metode CL-CIRC dengan kemampuan tinggi sebanyak 86,67 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, belajar, narasi, metode CL-CIRC, menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 04:08 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 01:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39341 |
Actions (login required)
View Item |