Shafiatun, Heny and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Tematik Tema Peristiwa Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kelompok (Kooperatif) Siswa Kelas I Semester Genap Sdn Tegalwero Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (597kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
Abstract
Belajar yang berpusat pada guru dan menjadikan siswa sebagai objek pasif merupakan model pembelajaran tradisional yang harus dihindari dalam pemebelajaran modern, dalam model pembelajaran seharusnya siswa sebagai subjek, karena siswa memiliki karakter yang berbeda dan memerlukan penanganan khusus dari guru. Sehingga guru harus mampu menjadikan anak didik terlibat dan merasa senang selama proses belajar. Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Tema Peristiwa Standar Kompetensi Bahasa Indonesia melalui Belajar Kelompok pada Siswa Kelas I SD Negeri Tegalwero Kabupaten Pati yang berjumlah 11 Siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dan Desain Penelitian terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil evaluasi yang telah di laksanakan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa , dari pra siklus sebesar 69,5 pada siklus I ini meningkat menjadi 75,8 . Tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 8 siswa (72,7%), pada siklus II ini meningkatkan menjadi 80,3. Ini dengan tingkat ketuntasan siswa sejumlah 11 mencapai 100%. Hal ini membuktikan dengan metode belajar Kelompok (kooperatif) dapat meningkatkan motivasi belajar tematik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Tematik, metode Belajar Kelompok(Kooperatif) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 06:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 01:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39322 |
Actions (login required)
View Item |