Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi BelajarMahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2012

RAKHMAD ADESTA, RYAN and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi BelajarMahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi ryan.pdf

Download (924kB)
[img] PDF (Halaman Judul)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (BAB II)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Pernyataan publikasi ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Ryan Rakhmad Adesta. A210010092. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap atau motivasi belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012. sampel diambil sebanyak adalah 105 mahasiswa dengan simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 8,962 + 0, 580 X1 + 0, 219 X2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh pergaulan teman sebaya dan kelengkapan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh koefisien pergaulan teman sebaya X1 sebesar 0,580, kelengkapan fasilitas belajar X2 sebesar 0,219 dan motivasi belajar Y sebesar 0,675, ini membuktikan bahwa variabel pergaulan teman sebaya dan kelengkapan fasilitas belajar mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar. 2) Dari hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel pergaulan teman sebaya sebesar 6,973 sedangkan ttabel sebesar 1,983, maka Ho ditolak sehingga ada pengaruh yang signifikan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar. 3) Dari hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 2,565 sedangkan ttabel sebesar 1,983, maka Ho ditolak sehingga ada pengaruh yang signifikan kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. 4) Dari hasil analisis uji F diperoleh Fhitung = 44,419 > Ftabel = 3,085, maka Ho ditolak sehingga secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan pergaulan teman sebaya dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. Kata Kunci: pergaulan teman sebaya, fasilitas belajar, dan motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pergaulan teman sebaya, fasilitas belajar, dan motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210100092
Date Deposited: 06 Nov 2015 08:36
Last Modified: 12 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39282

Actions (login required)

View Item View Item