Muthia Sari Handayani, Andi and , Taufik, M.Si, Ph.D (2015) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Peran Guru Dengan Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Akseleran. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI TESIS.pdf Download (831kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
Abstract
Belajar berdasar regulasi diri adalah kemampuan yang dimiliki oleh akseleran dalam mencapai tujuan dan keberhasilan belajar. Kemampuan akseleran dalam membangun diri yang belajar berdasar regulasi diri, terkait dengan faktor internal seperti adanya efikasi diri dan faktor eksternal seperti peran guru. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitaif yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1). Hubungan antara efikasi diri dan peran guru belajar dengan belajar berdasar regulasi diri. (2). Sumbangan yang diberikan oleh efikasi diri dan peran guru terhadap belajar berdasar regulasi diri. (3). Tingkatan efikasi diri dan peran guru terhadap belajar berdasar regulasi diri.Subjek penelitian ini adalah akseleran SMA Negeri 1 Surakarta sebanyak 115 orang. Penelitian ini adalah penelitian yang berprinsip pada studi populasi. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa dengan menggunakan regresi berganda diketahui hasil bahwa koefisien korelasi R=0.375 (p=0.000:p < 0.05), yang artinya ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan peran guru dengan belajar berdasar regulasi diri pada penelitian ini. Sementara, untuk koofisien korelasi R efikasi diri dengan belajar berdasar regulasi diri sebesar = 0.301 (p=0.001: p < 0.05). Selain itu, untuk peran guru dengan belajar berdasar regulasi diri sebesar 0.270 (p=0.004: p < 0.05). Total sumbangan yang diberikan oleh kedua variabel bebas dalam penelitian ini sebesar 14.1 %, dan untuk kategorisasi baik variabel bebas yaitu efikasi diri dan peran guru berada pada level tinggi, serta variabel tergantung belajar berdasar regulasi diri berada pada level sangat tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Berdasar Regulasi Diri, Efikasi Diri, Peran Guru, Akseleran, Program Akselerasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 06 Nov 2015 06:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39272 |
Actions (login required)
View Item |