Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Ict Ditinjau Dari Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016

Rohmiyatun, Rohmiyatun and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2015) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Ict Ditinjau Dari Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (776kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (905kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis ICT terhadap prestasi belajar. (2) Pengaruh komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dari penelitian ini, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan 32 siswa dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dengan 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan sel tak sama sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5%, diperoleh (1) Terdapat perbedaan model Problem based learning berbasis ICT dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar dengan FA = 31,275 > Ftabel =4,016 (2) Tidak terdapat pengaruh kkomunikasi matematikasiswa terhadap prestasi belajar dengan FB = 2,617< Ftabel = 3,166 (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dankomunikasi matematika siswa terhadap prestasi belajar dengan FAB = 1,175 < Ftabel = 3,166.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika; Problem based learning berbasis ICT, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ROHMIYATUN
Date Deposited: 06 Nov 2015 02:55
Last Modified: 12 Oct 2021 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39248

Actions (login required)

View Item View Item