Heliyana, Nunung Rossilvia and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri Surakarta II Semester Genap Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
1. Naskah Publikasi.pdf Download (543kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf Download (986kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAN PUBLIKASI ILMIAH)
Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan strategi Active Learning tipe Make A Match pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2013/2014. Subjek penerima tindakan yaitu siswa kelas VII B MTs Negeri Surakarta II yang berjumlah 39 siswa dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika berkolaborasi dengan peneliti. Teknik analisis data dengan analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIB MTS Negeri Surakarta II tahun ajaran 2013/2014. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan 4 indikator sebagai berikut : (1) siswa bertanya kepada guru dari kondisi awal 12,8%); siklus I 23,1% dan siklus II menjadi 37,2% (2) siswa menjawab pertanyaan dari guru menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 20,5% siklus I 25,6% dan siklus II 39,7%. (3) siswa berani presentasi di depan kelas dari kondisi awal 10,25%; siklus I 20,5%% siklus II menjadi 38,5%. (4) hasil belajar siswa dengan KKM ≥ 75 menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 38% siklus I 61,5% siklus II menjadi 84,6% . Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Active Learning tipe Make a Match dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIB MTS Negeri Surakarta II tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika; Minat, Strategi Active Learning tipe Make A Match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username a410100237 |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 10:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39209 |
Actions (login required)
View Item |