Konsep Pendidikan Akidah menurut Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Prasetyo, Eko and , Dr. Syamsul Hidayat, M.AgDrs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag (2015) Konsep Pendidikan Akidah menurut Muhammad bin Shalih al-Utsaimin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (800kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Surat Penyataan Publikasi)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Fenomena kesyirikan dan pindah agama yang diberitakan lewat media elektronik maupun media cetak bukanlah peristiwa biasa karena berakibat fatal bagi pelakunya dalam kehidupan dunia maupun akherat. Di dunia ia akan diberi label kafir dan di akherat akan masuk neraka selama-lamanya dan tidak akan pernah bisa masuk ke surga. Kondisi di atas menuntut pemikiran keras para pemikir dan praktisi pendidikan Islam untuk mengungkap sebab dan solusinya. Penenelitian dan pengkajian mendalam perlu dilakukan karena diantara pelaku tindak kesyirikan dan pindah agama tersebut pernah mengenyam pendidikan agama sewaktu sekolah, tetapi tetap saja mereka terjerumus. Apa sebabnya? Siapa yang salah? Peserta didik, pendidik, kurikulum, atau siapa? Dalam skripsi ini, penulis berupaya mengkaji dari sisi kurikulum, yaitu tentang konsep pendidikan akidah. Penulis melakukan ini karena kurikulum memegang peran kuat dalam penanaman akidah, yaitu memuat materi akidah yang harus diyakini dan bagaimana memahamkannya kepada peserta didik. Hal ini karena sepandai apapun peserta didik dan sekreatif bagaimanapun pendidik, kalau konsep pendidikannya salah maka akan salah juga hasilnya. Jadi perbaikan dimulai dari pembenaran konsepnya terlebih dahulu. Skripsi ini berjudul “Konsep Pendidikan Akidah menurut Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin”. Fokus penelitian pada tujuan, materi dan metode pendidikan akidah. Penulis memilih konsep yang ditawarkan Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin karena beliau merujuk kepada Alquran dan Hadis dengan pemahaman pendahulu umat yaitu Nabi Muhammad s}allalla>hu ‘alaihi wasallam, para sahabat, ta>bi‘i>n (murid sahabat), dan ta>bi‘u> al-ta>bi‘i>n (murid ta>bi‘i>n) dalam menyusun konsepnya. Dengan manhaj (metode) ini, beliau mengikuti petunjuk Nabi Muhammad s}allalla>hu ‘alaihi wasallam dalam mendidik akidah umatnya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian pustaka yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Data yang didokumentasikan diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa buku “Nubz\ah Fi> al-‘Aqi>dah al-Isla>miyyah” karangan Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Poin-poin penting dari konsep pendidikan akidah menurut Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dapat disimpulkan sebagai berikut; Tujuan pendidikan akidah adalah untuk mengikhlaskan niat dan ibadah kepada Allah semata, membebaskan akal dari kekacauan yang timbul dari kosongnya hati dari akidah, meraih kebahagiaan dunia dan akherat dengan memperbaiki individu-individu maupun kelompok-kelompok. Materi pendidikan akidah adalah iman kepada Allah, iman kepada para malaikat-Nya, iman kepada kitab-kitab-Nya, iman kepada para rasul-Nya, iman kepada hari akhir, dan iman kepada takdir yang baik dan yang buruk. Adapun metode pendidikan akidah adalah metode ams\a>l (perumpamaan), metode h}iwa>r (percakapan), metode targi>b (motivasi), metode eksperimen, dan metode kisah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesyirikan, konsep pendidikan akidah, Alquran dan Hadis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000090128
Date Deposited: 05 Nov 2015 01:06
Last Modified: 08 Oct 2021 13:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39052

Actions (login required)

View Item View Item