Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Studi Situs SMP Negeri 3 Ungaran )

, Nuryani and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Syamsudin, MM (2014) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ( Studi Situs SMP Negeri 3 Ungaran ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peran kepala sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Ungaran. (2) peran kepala sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Ungaran. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Kepala SMPN 3 Ungaran melakukan tiga strategi dalam menjalankan perannya sebagai manajer untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Ungaran. Strategi tersebut meliputi penyelenggaraan kualitas total, melibatkan pihak eskteren, dan melakukan evaluasi yang berkesinambungan. Dengan ketiga strategi tersebut SMPN 3 Ungaran menjadi sekolah berbasis mutu dengan prosentasi kelulusan tahun 100%. (2) Peran Kepala SMPN 3 Ungaran sebagai supervisor ditunjukkan dengan melakukan kegiatan supervisi. Kepala SMPN 3 Ungaran mempersiapkan waktu, guru, materi, kelas, instrumen supervisi dalam pelaksanaan supervisi. Proses pelaksanaan supervisi dilakukan kepala sekolah dengan teknik observasi kelas, dimana kepala sekolah menilai performansi guru dalam kegiatan pembelajaran. Hasil supervisi akan dibahas dalam pertemuan balikan antara kepala sekolah dengan guru yang disupervisi dan pembahasan secara umum diikuti oleh warga sekolah termasuk komite sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, mutu, manajer, supervisor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Nov 2015 03:46
Last Modified: 20 Oct 2021 02:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39012

Actions (login required)

View Item View Item