Hubungan Antara Asupan Karbohidrat Lemak Dan Indeks Massa Tubuh Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Sekolah Dasar Di Sdn 01 Gayamdompo Karanganyar

Galuh Kusumaningtyas, Febri and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc (2015) Hubungan Antara Asupan Karbohidrat Lemak Dan Indeks Massa Tubuh Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Sekolah Dasar Di Sdn 01 Gayamdompo Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (346kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

PENDAHULUAN : Banyaknya anak yang sering terkena berbagai penyakit, seperti penyakit pernafasan, pencernaan, ataupun penyakit kurang gerak dan menurunnya daya tahan tubuh merupakan permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya tingkat kebugaran jasmani anak. Kecukupan energi, protein, lemak dan karbohidrat akan memengaruhi daya tahan tubuh dan perkembangan anak, sehingga kemampuan melaksanakan tugas sehari-hari yang memerlukan adanya kebugaran jasmani dapat terlaksana dengan baik. Hasil survey pendahuluan di SDN 01 Gayamdompo Karanganyar didapatkan anak dengan tingkat kebugaran jasmani buruk sebesar 19,2%. TUJUAN : Mengetahui hubungan antara asupan karbohidrat, lemak dan indeks massa tubuh dengan tingkat kebugaran jasmani siswa di SD N 01 Gayamdompo Karanganyar METODE : Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III, IV, V yang berjumlah 123 anak dan 46 anak yang dipilih dengan metode proportional stratified random sampling. Uji kenormalan data menggunakan Kolmogorov- Smirnov Test dan uji hubungan menggunakan uji korelasi Rank Spearman HASIL : Hasil penelitian menunjukan asupan karbohidrat subjek defisit 50%, asupan lemak subjek normal 72%, IMT/U subjek 59% berstatus gizi normal dan pengukuran kebugaran jasmani subjek sedang 59%. Hasil uji hubungan menunjukkan adanya hubungan yang nyata antara asupan karbohidrat dengan kebugaran jasmani yaitu dengan nilai p=0,035, tidak ada hubungan yang nyata dengan asupan lemak dengan kebugaran jasmani yaitu dengan nilai p=0,965, dan tidak ada hubungan yang nyata antara IMT/U dengan kebugaran jasmani yaitu dengan nilai p: 0,117. KESIMPULAN : Ada hubungan yang nyata antara asupan karbohidrat dengan tingkat kebugaran jasmani siswa, tetapi tidak ada hubungan yang nyata antara asupan lemak dan indeks massa tubuh dengan tingkat kebugaran jasmani anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karbohidrat, Lemak, Indeks Massa Tubuh/Umur dan KebugaranJasmani
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Unnamed user with username j310100073
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:09
Last Modified: 06 Sep 2022 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38981

Actions (login required)

View Item View Item