Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlaq (Studi Deskriptif Di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Safitri, Rilin Widia and , Dr. Badarudin M. Ag and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2015) Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlaq (Studi Deskriptif Di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (661kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
Surat Persetujuan Artikel Publikasi Ilmiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Manajemen Pembelajaran adalah suatu tindakan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya. Seperti yang diketahui manajemen pembelajaran terdiri adanya, Menentukan materi, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian pembelajaran.sedangkan prestasi belajar adalah hasil akhir siswa setelah melakukan proses belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : Bagaimana manajemen pembelajaran di MAN 2 Surakarta,Penelitian ini untuk siswa kelas X tahun pelajaran 2014/2015 di MAN 2 Surakarta untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian dilakukan di MAN 2 Surakarta pada tanggal 6 April s/d 30 Mei 2015. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini diambil dari kelas X, metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran dan prestasi belajar aqidah akhlak kelas X, : (1) Guru dituntut untuk mengelola pembelajaran sebaik mungkin, guru harus kreatif dalam pembelajaran dalam kelas kepada siswa. mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengawasan. Pembelajaran di dalam kelas metode pembelajaran yang diberikan oleh guru bervariasi dengan adanya metode diskusi, kelompok, dan tanya jawab. (2) Adanya penilaian langsung dari guru tentang akhlak dan aqidah siswa, siswa sudah disiplin dalam sholat berjamaah di sekolah karena adanya peninjauan langsung dari guru terhadap semua siswa-siswanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran,Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110063
Date Deposited: 04 Nov 2015 06:34
Last Modified: 08 Oct 2021 13:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38929

Actions (login required)

View Item View Item