Hidayah, Lita and , Dr. H. Harsono, MS and , Dra. Hj. Wafroturrohmah, SE, MM (2009) Pengaruh Kedisiplinan Kerja Dan Jaminan Sosial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bpr Bkk Di Karangmalang Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
A210050167.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Skripsi Fulltext)
A210050167.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kedisiplinan kerja terhadap kepuasan kerja, 2) pengaruh jaminan sosial terhadap kepuasan kerja, 3) kedisiplinan kerja dan jaminan sosial secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di BPR BKK Karangmalang Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berjumlah 190 orang. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik area sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 1,628 + 0,354.X1 + 0,562.X¬2 yang artinya kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh kedisiplinan kerja dan jaminan sosial karyawan. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Kedisiplinan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan BPR BKK Karang Malang Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 4,893 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (2) Jaminan sosial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan BPR BKK Karang Malang Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 6,028 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (3) Kedisiplinan kerja dan jaminan sosial secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan BPR BKK Karang Malang Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 75,279 lebih besar dari Ftabel (3,92) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,608, ini berarti 60,8% kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan kerja dan jaminan sosial. Sisanya sebesar 39,2% dijelaskan oleh variabel lain, misalnya lingkungan kerja, upah, kepemimpinan, komitmen, dan komunikasi kerja. (5) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kedisiplinan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 26,5% sedangkan jaminan sosial memberikan kontribusi sebesar 34,3%, sehingga total sumbangan kedisiplinan kerja dan jaminan sosial dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 60,8%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan kerja, jaminan sosial, kepuasan kerja |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic Development H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 31 Jul 2009 03:32 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3892 |
Actions (login required)
View Item |