Anastia Muntazia, Dina and , Dra. Juliani Prasetyaningrum, M. Si. (2015) Kaitan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Perilaku Asertif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (420kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (793kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
PDF (BBA V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
Abstract
Pentingnya perilaku asertif dalam bersosialisasi dengan lingkungan terutama di kalangan remaja diantaranya agar dapat memenuhi keinginan, kebutuhan dan perasaan individu agar dapat dimengerti oleh orang lain sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara pola asuh permisif dengan perilaku asertif yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 137, yang terdiri dari 64 siswa laki-laki dan 73 siswa perempuan. Sample dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki dan perempuan SMP Swasta di Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah uji korelasi product moment dan uji anava. Berdasrkan hasil analisis ditemukan hasil bahwa nilai koefisien (r) sebesar – 0,394 dengan signifikansi (p) = 0,000; (p < 0,05) sehingga hipotesis diterima, bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara pola asuh permisif dengan perilaku asertif, yang artinya semakin tinggi pola asuh permisif maka semakin rendah perilaku asertif, begitu pula sebaliknya. Perilaku asertif pada subjek penelitian tergolong tinggi dengan rerata empirik (RE) 61,74 serta rerata hipotetik (RH) 52,5. Pola asuh permisif pada subjek penelitian tergolong rendah dengan rerata empirik (RE) 55,57 serta rerata hipotetik (RH) 70. Ada perbedaan perilaku asertif pada siswa laki-laki dengan siswa perempuan, perilaku asertif pada siswa laki-laki lebih rendah daripada perilaku asertif pada siswa perempuan diperoleh rerata pada siswa laki-laki sebesar 60,86 dan rerata pada perempuan sebesar 62,51 dengan nilai F= 2,526 dan signifikansi (p) = 0,03; (p < 0,05). Adapun sumbangan efektif pola asuh permisif terhadap perilaku asertif sebesar 15, 5 %, oleh karenanya masih ada 84,5 % variabel lain yang memberikan kontribusi terhadap perilaku asertif, seperti tingkat pendidikan, lingkungan sosial dan harga diri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh permisif dan perilaku asertif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Unnamed user with username f100114020 |
Date Deposited: | 03 Nov 2015 04:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 01:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38887 |
Actions (login required)
View Item |