Hubungan Antara Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Jejaring Sosial Facebook

Susandi, Dila Oktaputrining Catur and , Dra. Hj. Kris Pujiatni, Psi. (2014) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Pengguna Jejaring Sosial Facebook. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Presentasi diri merupakan perilaku yang diperlihatkan kepada orang lain. Facebook merupakan tempat yang paling ampuh untuk mempresentasikan diri. Demi mewujudkan diri yang ideal segala upaya dilakukan agar terlihat sempurna dihadapan orang lain. Faktor yang mempengaruhi presentasi diri, diantaranya harga diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan presentasi diri, serta mengetahui tingkat presentasi diri dan harga diri pengguna facebook. Dengan hipotesis ada hubungan positif antara harga diri dengan presentasi diri. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala harga diri dan skala presentasi diri. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Spearman’s rho. Berdasarkan hasil analisis data diketahui tidak ada hubungan positif antara harga diri dengan presentasi diri pada pengguna jejaring sosial facebook, ditunjukkan dengan nilai (r) sebesar 0,029; (p) = 0,389 (p>0,05), berdasarkan nilai yg diperoleh pada presentasi diri rerata empirik (RE) sebesar 55 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 59,27 yang berarti tingkat presentasi diri subjek tergolong rendah. Variabel harga diri mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 119,59 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 102,5 yang berarti harga diri pada subjek tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga diri, presentasi diri, facebook
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 Nov 2015 03:42
Last Modified: 20 Oct 2021 01:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38789

Actions (login required)

View Item View Item