Kontribusi Media Pembelajaran Visual Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah 1 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Yayuk Fitrianingrum, Roro and , Dra. Hj. Titik Asmawati, SE, M.Si (2015) Kontribusi Media Pembelajaran Visual Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah 1 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kontribusi media pembelajaran visual terhadap peningkatan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah 1. 2) Kontribusi pengelolaan kelas terhadap peningkatan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah 1. 3) Kontribusi media pembelajaran visual dan pengelolaan kelas terhadap peningkatan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran Akuntansi Keuangan Menengah 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 1 yang berjumlah 167 mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 114 mahasiswa. Data yang diperlukan, diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif dan Relatif. Hasil persamaan regresi menunjukkan Y=46.989+0.027X1+0.075X2 artinya bahwa media pembelajaran visual dan pengelolaan kelas berkontribusi positif terhadap keaktifan belajar mahasiswa. Berdasarkan uji signifikansi secara parsial uji t terdapat kontribusi yang signifikan 0.049 < 0,05 yang ditimbulkan oleh media pembelajaran visual terhadap keaktifan belajar akuntansi keuangan menengah I ditunjukkan dengan thitung (0.027) < ttabel (0.4438). Berdasarkan uji signifikansi secara parsial uji t terdapat kontribusi yang signifikan 0.027 < 0,05 yang ditimbulkan oleh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar akuntansi keuangan menengah I ditunjukan dengan thitung (0.075) < ttabel (0.4438). Berdasarkan uji signifikansi secara simultan Uji F terdapat kontribusi yang signifikan yang ditimbulkan dari media pembelajaran visual dan pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar akuntansi keuangan menengah I ditunjukkan dengan nilai F hitung (6.551) > Ftabel (4.92), berdasarkan hasil uji r2 (0.121) sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa keaktifan belajar akuntansi keuangan menengah I dipengaruhi oleh media pembelajaran visual dan pengelolaan kelas sebesar 12.1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar variabel penelitian sebesar 87.9%. Hasil perhitungan Sumbangan Relatif (SR%) dan Sumbangan Efektif (SE%) menunjukkan bahwa variabel media pembelajaran visual memberikan Sumbangan Relatif sebesar 15.27% dan Sumbangan Efektif 3.05%. Variabel pengelolaan kelas memberikan Sumbangan Relatif sebesar 42.03% dan Sumbangan Efektif 9.05%. Berdasarkan besarnya Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif nampak bahwa variabel pengelolaan kelas mempunyai kontribusi yang paling besar terhadap keaktifan belajar akuntansi keuangan menengah I. Kata Kunci : media pembelajaran visual, pengelolaan kelas, keaktifan belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran visual, pengelolaan kelas, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110134
Date Deposited: 31 Oct 2015 06:04
Last Modified: 08 Oct 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38697

Actions (login required)

View Item View Item