HASIL BELAJAR PRAKTIK AKUNTANSI III DITINJAU DARI PEMAHAMAN TENTANG PERBANKAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2012 / 2013

Evikawati, Geslin and , Drs. Sudarto, M.M (2015) HASIL BELAJAR PRAKTIK AKUNTANSI III DITINJAU DARI PEMAHAMAN TENTANG PERBANKAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (399kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman tentang perbankan terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013; 3)Mengetahui Pengaruh pemahaman tentang perbankan dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013 yang berjumlah 154 mahasiswa dan jumlah sampel yang diambil 110 responden dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y=46,202+0,134X1+0,154X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh pemahaman tentang perbankan dan keaktifan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman tentang perbankan terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,059 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042; 2) Ada pengaruh yang signifikan dalam keaktifan belajar terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, 2,040 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,044; 3) Ada pengaruh yang signifikan dalam pemahaman tentang perbankan dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar Praktik Akuntansi III pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16,051 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Variabel pemahaman tentang perbankan memberikan sumbangan relatif sebesar 50,1494% dan sumbangan efektif 11,5845%. Variabel keaktifan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 49,8366% dan sumbangan efektif 11,5122%, Sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 23,1%, sedangkan 76,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pemahaman tentang perbankan, dan keaktifan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110158
Date Deposited: 30 Oct 2015 06:34
Last Modified: 12 Oct 2021 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38555

Actions (login required)

View Item View Item