Halimah, Siti Nur (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN MENGUNJUNGI SWALAYAN INDOMARET REMBANG TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050124.pdf Download (68kB) |
|
PDF
A210050124.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret, (2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret, (3) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret, (4) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret, (5) Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling yaitu peneliti mengambil subyek orang-orang yang secara kebetulan bertemu di Swalayan Indomaret pada saat peneliti melakukan penelitian. Data yang diperlukan diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang telah di uji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda , uji F, uji t-test. Disamping itu digunakan pula sumbangan efektif dan sumbangan relatif masing-masing variabel. Uji validitas dan uji reliabilitas yang digunakan, maka semua item pertanyaan valid dan reliabel. Hasil uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel (4,906 > 2,45) dengan demikian Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan lokasi, fasilitas, harga, pelayanan dan promosi terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret secara simultan atau bersama-sama. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa lokasi memiliki thitung > ttabel (2,227 > 2,021), fasilitas memiliki thitung > ttabel (2,382 > 2,021), harga memiliki thitung > ttabel (2,028 > 2,021), pelayanan memiliki thitung > ttabel (2,545 > 2,021) dan promosi memiliki thitung > ttabel (3,187 > 2,021) Ho ditolak artinya masing-masing variabel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat konsumen mengunjungi Swalayan Indomaret. Besarnya sumbangan efektif yang dimiliki variabel lokasi sebesar 7,06%; besarnya sumbangan relatif yaitu 18,29%. Sumbangan efektif variabel fasilitas sebesar 8,60% sedangkan sumbangan relatif sebesar 22,28%. Sumbangan efektif variabel harga sebesar 4,76% dan besarnya sumbangan relatif sebesar 12,35%. Sumbangan efektif variabel pelayanan sebesar 9,03% sedangkan besarnya sumbangan relatif yaitu 23.39%. sumbangan efektif variabel promosi sebesar 9,16% sedangkan besarnya sumbangan relatif yaitu 23,72%. Jadi sumbangan yang terbesar adalah variabel promosi yaitu sebesar 9,16% untuk sumbangan efektif dan 23,72% untuk sumbangan relatif,
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Lokasi, fasilitas, harga, pelayanan, promosi, minat konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 30 Jul 2009 04:30 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |