Chalimah, Siti and , Drs. Surtikanti, M.Pd. (2015) Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok B TK Muslimat 2 Kemiri Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2015 / 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (373kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (6MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
|
PDF (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (970kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
Abstract
Bidang pengembangan pada pendidikan anak usia dini didalamnya termasuk perkembangan kognitif.Kemampuan yang akan di berikan untuk anak usia dini adalah perkembangan kecerdasan logika matematika melalui media kartu angka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan logika anak pada anak kelompok B TK Muslimat 2 Kemiri Kunduran Blora melalui 2 siklus pembelajaran.metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang terdiri dari 2 siklus, subyek penelitian adalah siswa beserta anak didik TK musliamt 2 Kemiri sebanyak 20 anak analisa data menggunakan teknik analisis diskriftif komperatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis diskriftif, kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Penelitian yang diperoleh sebelum diadakan perbaikan kelas Pra siklus sebesar 31,88%, Setelah diadakan penelitian meningkat pada siklus I anak yang mampu menyelesaikan tugas tanpa bantuan meningkat menjadi 68,79%. karena hasilnya belum mencapai indikator keberhasilan, kemudian peneliti melakukan perbaikan kembali pada siklus II dan hasilnya anak yang mau menyelesaikan kegiatan berhitung dengan media kartu angka meningkat. Untuk anak yang mampu 83,13 %, hasilnya melebihi indikator keberhasilan yaitu 80%. Kesimpulannya penelitian ini berhasil. Keberhasilan ini tergantung karena pembelajarannya menggunakan media kartu angka.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan kecerdasan logika matematika, media kartu angka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with username a53i130022 |
Date Deposited: | 16 Jan 2016 03:30 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 06:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38496 |
Actions (login required)
View Item |