Khasanah, Uswatun and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Kegiatan Membatik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Pada Anak TK Muslimat 2 Tawangrejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyatan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan motorik halus melalui kegiatan membatik pada anak didik kelompok B semester I TK Muslimat 2 Tawangrejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016, Sedangkan subyek penelitian ini semua anak didik kelompok B TK Muslimat 2 Tawangrejo, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dokumen anak berupa hasil kegiatan membatik dilaksanakan pada kondisi awal dan kondisi akhir siklus I dan siklus II yang terdiri dari materi kegiatan pembelajaran. Sumber data dari pendidik, hasil observasi yang sudah dilakukan selama kegiatan berlangsung dengan media pelepah pisang. Metode Analisis Data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan menganalisis data hasil pemberian tugas. Penelitian yang diperoleh sebelum diadakan perbaikan kelas (Pra siklus) anak mampu atau tuntas sebesar (32,94),Setelah diadakan penelitian meningkat pada siklus I anak yang mampu menyelesaikantugas tanpa bantuan meningkat menjadi 66,54%. karena hasilnya belum mencapai atau melampaui indikator keberhasilan, kemudian peneliti melakukan perbaikan kembali pada siklus II dan hasilnya anak yang mau menyelesaikan kegiatan membatik dengan media tissu meningkat. Untuk anak yang mampu 85,47%, hasilnya melebihi indikator keberhasilan yaitu 80%. Kesimpulannya penelitian ini berhasil. Keberhasilan ini tergantung karena pembelajarannya menggunakan metode pemberian tugas dan demonstrasi dengan media yang digunakan oleh guru variatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan membatik, Motorik Halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with username a53i130043 |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 06:01 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38495 |
Actions (login required)
View Item |