SUSANTI , LIYA (2009) PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050119.pdf Download (65kB) |
|
PDF
A210050119.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi berprestasi. (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar akuntansi. (3)Untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengambil populasi seluruh siswa/siswi kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar sebanyak 122 siswa, dan diambil sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui heteroskedastisitas dan normalitas. Baru dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan uji t dengan bantuan program SPSS for Windows 11.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persamaan regresi untuk variabel reward terhadap motivasi berprestasi diperoleh Y = 66,561+ 0,932, persamaan regresi untuk variabel reward terhadap prestasi belajar diperoleh Y = 48,716 + 1,101, serta persamaan regresi untuk variabel motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar diperoleh Y = - 12,518 + 0,984. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap reward ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh motivasi berprestasi terhadap reward sebesar 0,932. Prestasi belajar berpengaruh positif terhadap reward ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh prestasi belajar terhadap reward sebesar 1,101. Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh prestasi belajar terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,984. (2) Hasil uji t untuk variabel (X¬) adalah thitung sebesar 4,775 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,980 taraf signifikan sebesar 5% atau thitung > ttabel sehingga variabel (X) atau reward secara parsial mempengaruhi motivasi berprestasi (Y1). Untuk variabel (X) hasil uji thitung sebesar 5,508 sedangkan ttabel sebesar 1,980 atau thitung > ttabel. Variabel (X) atau variabel reward secara parsial mempengaruhi prestasi belajar (Y2). Variabel (Y1) hasil uji thitung sebesar 22,348 sedangkan ttabel sebesar 1,980 atau thitung > ttabel. Oleh karena itu variabel (Y1) atau variabel motivasi berprestasi secara parsial mempengaruhi prestasi belajar (Y2).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Reward, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 30 Jul 2009 04:06 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 10:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3846 |
Actions (login required)
View Item |