MARNI, MARNI (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP – TO – GROUP EXCHANGE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SLOGOHIMO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420910033.pdf Download (150kB) |
|
PDF
A420910033.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIIC Negeri 1 Slogohimo, Tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini dengan kelas (PTK). Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan di peroleh rata-rata hasil belajar biologi siswa sebesar 7,6 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 7,8, rata-rata siklus II meningkat menjadi 8,11, dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 8,51, Menunjukkan setelah diberikan materi dengan menggunakan strategi Group-to-group Exchange berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,1163 point atau 11,63 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi group to group dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Slogohimo Tahun ajaran 2007/2008 pada aspek kognitif sebesar 0,1163 point atau 11,63%. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 32,43 (siswa kurang berminat), siklus II sebesar 32,63 (siswa cukup berminat), siklus III sebesar 41,68 (siswa berminat). Kata kunci : Strategi group to group.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi group to group. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 29 Jul 2009 08:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 10:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3838 |
Actions (login required)
View Item |