Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf Pada Anak Usia 5/6 Tahun TK Pertiwi IV Karangjati Blora Tahun Ajaran 2015/2016

Marpuah, Marpuah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf Pada Anak Usia 5/6 Tahun TK Pertiwi IV Karangjati Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
naskkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkah.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (567kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Membaca Permulaan dengan menggunakan kartu huruf merupakan salah satu strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak banyak guru yang masih menggunakan metode yang monoton dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan melalui pembelajaran dengan kartu huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan bermain estimasi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan anak dalam membaca permulaan sebelum dilakukan tindakan adalah 42,25% . Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 69,88%, pada Siklus II Kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 80,80%. Kesimpulannya, pembelajaran dengan menggunakan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak-anak kelompok B di TK Pertiwi IV Karangjati Blora.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, kartu huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username a53i130006
Date Deposited: 29 Oct 2015 03:35
Last Modified: 08 Oct 2021 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38290

Actions (login required)

View Item View Item