PENGARUH PENGAJARAN MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP PRESTASI PPL MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2008/2009

SETYANINGRUM, WINDHA (2009) PENGARUH PENGAJARAN MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP PRESTASI PPL MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050101.pdf

Download (97kB)
[img] PDF
A210050101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh pengajaran micro teaching terhadap prestasi PPL mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009, 2) besarnya pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi PPL mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009, 3) besarnya pengaruh pengajaran micro teaching dan bimbingan guru pamong terhadap prestasi PPL mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 154 orang mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 110 orang yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 3,325 + 0,365 X1 + 0,278 X2. Artinya, pengajaran micro teaching besar pengaruhnya terhadap prestasi PPL ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,365 didukung oleh nilai thitung > ttabel atau 8,236 > 1,980 dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 38,2%, bimbingan guru pamong besar pengaruhnya terhadap prestasi PPL ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,278 didukung oleh nilai thitung > ttabel atau 6,333 > 1,980 dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 26,6%, pengajaran micro teaching dan bimbingan guru pamong besar pengaruhnya terhadap prestasi PPL mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMS tahun ajaran 2008/2009, ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel atau 98,376 > 3,07 dan total sumbangan efektif adalah sebesar 64,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengajaran micro teaching, bimbingan guru pamong, prestasi PPL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jul 2009 02:07
Last Modified: 24 Oct 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item