Dwi Susilo, Errys and , Drs. Suharsono, Apt., Sp.FRS (2015) Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Koorperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan, Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Kelas VII Di SMP Al Islam Kartasura. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.pdf Download (792kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan strategi Numbered Head Together(NHT) dapat mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada materi Keragaman Bentuk Muka Bumi, Proses Pembentukan, dan pengaruhnya terhadap Kehidupan. 2. UntuK mengetahui apakah dengan menggunakan strategi Numbered Head Together(NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Metode penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Al Islam Kartasura tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 4 kelas, 2 kelas kontrol yaitu kelas A dan C dan 2 kelas eksperimen yaitu kelas B dan kelas D. kelas control merupakan kelas yang diperlakukan dengan strategi pembelajaran konvensional atau ceramah, sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang diperlakukan dengan menerapkan strategi numbered heads together (NHT). Hasil penelitian sebelum pembelajaran yang dilakukan melalui pre tes diperoleh nilai rata rata kelas control sebesar 70 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73,05. Dan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan strategi numbered heads together hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan 14,86 dan kelas control mengalami peningkatan sebesar 11,25. Penerapan strategi numbered heads together dapat mencapai tujuan pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Strategi Numbered Heads Together |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username a610110036 |
Date Deposited: | 28 Oct 2015 01:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38248 |
Actions (login required)
View Item |