TABE, Makrim and , Drs. Ma‟arif Jamuin. M.Si and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag (2015) Model Pembentukan Akhlak Mulia Pada Mahasantri Pondok Shabran Tahun Ajaran 2011 S/D 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf Download (235kB) |
|
PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (Bab VI)
9. BAB VI.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Akhlak dalam Islam bukanlah moral yang kondisional dan situasional, tetapi akhlak yang memiliki nilai baik dan buruk yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak baik akan terwujud pada diri seseorang dengan melalui pembentukan atau pembinaan. Pembinaan akhlak dilakukan guna menghasilkan manusia yang berakhlak mulia. Pondok Shabran merupakan lembaga pendidikan yang sangat berperan dalam pembentukan akhlak mahasantri. Hal ini berdasarkan visi Pondok yaitu mewujudkan kader yang berakhlak mulia demi terciptanya kader ulama. Meskipun begitu, masih terdapat akhlak mahasantri yang harus diperbaiki. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang perekrutan mahasantri yang berbeda, sehingga memiliki parameter akhlak yang berbeda pula. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apa saja model pembentukan akhlak mulia pada mahasantri Pondok Shabran. Adapun manfaat penelitian ini sebagai sumbangan khasanah keilmuan dan leadership untuk Pondok Shabran, khususnya dalam membentuk dan mewujudkan mahasantri yang berakhlak mulia seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data dari pembina, dosen, dan mahasantri, serta dokumen di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembentukan akhlak mulia yang diterapkan di Pondok Shabran tidak hanya internalisasi, keteladanan, pembiasaan, nasehat, penghargaan dan hukuman. Tetapi memiliki beberapa model diantaranya: model keteladanan dalam ibadah, akhlak, sulukiyyah, model pengawasan, pengarahan dan pengendalian langsung, model penilaian dan pemahaman, model role playing, model salat jamaah dan salat sunnah, model bimbingan Qur‟an dan Hadis. Namun peneliti menemukan model baru yang belum ada pada teori yaitu Comprehensive Model of Glorious Character Building in Shabran (CMGCS) yang terdiri dari model mau’iẓah dan irsyād, model pembentukan melalui berorganisasi, model pembentukan melalui berorganisasi perkuliahan, model pembentukan melalui kelompok pengajian, model pembentukan melalui mubaligh hijrah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembentukan Akhlak Mulia, Pondok Shabran,Mahasantri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 05:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38244 |
Actions (login required)
View Item |