Pengembangan Bahan Ajar Sub-Tema Potensi Dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

PRANOTO, BENI and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Pengembangan Bahan Ajar Sub-Tema Potensi Dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebutuhan bahan ajar, model bahan ajar dan keefektifan bahan ajar pada tema potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Pengembangan bahan ajar menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Dick & Carey (2001). Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian meliputi angket kebutuham siswa dan guru, ahli materi dan ahli desain buku serta hasil pengembangan yang berupa instrumen penilaian buku pengembangan. Validitas soal untuk validasi instrumen penilaian siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar menunjukkan hasil sangat baik karena terlihat bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata (mean) pretest 60,12 dengan standar deviasi 12,477 dan setelah mendapat perlakuan (Produk bahan ajar hasil pengembangan) memperoleh nilai rata-rata (mean )postest rata-rata 66,02 dengan standar deviasi 15,512 menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig.) 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa korelasi antara nilai pre-test dan post-test berhubungan secara nyata karena nilai probabilitas < 0,05. Oleh karena probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, yang berarti hasil pretest dan hasil postest adalah tidak sama atau berbeda nyata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, sumber daya alam.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: BENI PRANOTO
Date Deposited: 27 Oct 2015 06:19
Last Modified: 11 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38214

Actions (login required)

View Item View Item