ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN ASPEK AFEKTIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2006/2007

ERNAWATI , ERNAWATI (2009) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH I DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN ASPEK AFEKTIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050054.pdf

Download (532kB)
[img] PDF
A210050054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal Akuntansi Keuangan Menengah I ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif dan aspek afektif terhadap tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya dan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2006 yang berjumlah sebanyak 150 mahasiswa. Penelitian mengambil sampel sebanyak 38 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, metode tes, dan dokumentasi. Angket yang disusun terlebih dahulu diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis tipe kesalahan mengerjakan soal, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal akuntansi keuangan menengah I pada ujian semester genap tahun 2007/2008 tergolong sedang, khususnya pada aspek langkah pengerjaan dan perhitungan. Terbukti dari hasil analisis kesalahan Tipe II, yaitu kesalahan aspek langkah pengerjaan dengan prosentase sebesar 54,4% termasuk kategori sedang, analisis kesalahan Tipe III, yaitu kesalahan aspek terapan atau komputasi atau perhitungan dengan prosentase sebesar 45,6% termasuk kategori sedang. Sedangkan analisis kesalahan Tipe I, yaitu kesalahan aspek pemahaman konsep, menunjukkan prosentase yang rendah (33,3%). Artinya kemampuan mahasiswa dalam memhamai konsep sudah baik. (2) Kemampuan kognitif berpengaruh terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal. Selanjutnya diperoleh persamaan Y=1,492+0,053X1+0,038X2, artinya kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester AKM I dipengaruhi aspek kognitif dan aspek afektif dengan nilai koefesien regresi berganda R2 sebesar 0,533 atau 53,3%. Terbukti dari hasil uji t sebesar 3,128 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa yang berhubungan dengan daya ingat, pengetahuan dan kemampuan intelektual yang tinggi akan manurunkan tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal. (3) Kemampuan afektif berpengaruh terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal. Terbukti dari hasil uji t sebesar 2,796 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa yang berhubungan dengan perubahan-perubahan sikap, nilai dan perasaan setelah melalui proses belajar. Perubahan yang positif akan manurunkan tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal. (4) Kemampuan kognitif dan kemampuan afektif berpengaruh terhadap kesulitan mengerjakan soal pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun 2006. Terbukti dari hasil uji F sebesar 19,997 diterima pada taraf signifikansi 5%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, kemampuan afektif, tingkat kesulitan mengerjakan soal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 07:29
Last Modified: 02 Jan 2012 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item