Oktavianus, Andri and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd (2015) Pemikiran Ahmad Syafii Maarif Tentang Pendidikan Karakter Bangsa (1995-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (681kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
Abstract
Dalam rangka membangun karakter bangsa Indonesia yang saat ini sedang mengalami krisis moral, dibutuhkan kajian tentang pendidikan karakter bangsa yang digali dari pemikiran-pemikiran tokoh pendidikan. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pemikiran Ahmad Syafii Maarif mengenai Pendidikan Karakter Bangsa. Tujuannya untuk mengetahui pandangan Ahmad Syafii Maarif tentang pendidikan karakter bangsa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi khazanah keilmuan pendidikan karakter bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan / literatur (library/literature research). Data dikumpulkan dari buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber lain yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, yakni data diambil dari sumber data primer (karya atau tulisan dari Ahmad Syafii Maarif) dan sumber data sekunder (karya dari tokoh lain yang terkait dengan tema penelitian). Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah interpretasi, koherensi intern, dan deskripsi. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: aspek pemikiran Ahmad Syafii Maarif tentang pendidikan karakter bangsa meliputi lima poin. Pertama, pengertian pendidikan karakter bangsa menurut Ahmad Syafii Maarif adalah upaya membangun manusia Indonesia seutuhnya dengan membangun dimensi fisikal dan spiritual yakni jasmani dan ruhani bangsa. Kedua, menurut Ahmad Syafii Maarif urgensi pendidikan karakter bangsa dapat dilihat dari berbagai fakta yang menimpa bangsa ini. Di antaranya perilaku korupsi di kalangan pejabat hingga penyimpangan moralitas pada generasi muda. Ketiga, fungsi pendidikan karakter bangsa sebagai upaya pembangunan bangsa adalah untuk mengembangkan budaya lapang dada, jujur, dan santun sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang beriringan dengan ajaran agama. Sedangkan tujuan pendidikan karakter bangsa adalah untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut melalui ajaran agamanya masing-masing. Keempat, Ahmad Syafii Maarif mengemukakan bahwa Islam dan Pancasila merupakan pilar pendidikan karakter bangsa. Kelima, substansi dari pembangunan moral karakter bangsa dapat diambil dari keteladanan nabi. Menurut Al-Quran, para nabi dan rasul adalah mereka yang tulus ikhlas, bebas dari segala macam penyakit hati, berpura-pura, dan segala penyakit yang dapat meruntuhkan bangunan fitrah manusia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Bangsa, Ahmad Syafii Maarif, Agama dan Pancasila |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Andri Oktavianus |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 09:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38108 |
Actions (login required)
View Item |