Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Pelajaran 2014/2015

Fajar, Muhammad Alan Nur and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag (2015) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah Publikasi.pdf

Download (359kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3.Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4.BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab VI)
9.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10.Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
1.Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa di SMK Muhammadiyah Delanggu dan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar Di SMK Muhammadiyah Delanggu disiplin siswa tentang memanfaatkan waktu belajar dinilai masih kurang, terbukti dengan masih banyaknya siswa yang sering terlambat masuk ke sekolah , masih terdapat siswa yang terlambat masuk kelas terutama setelah mata pelajaran pendidikan olahraga dan setelah istirahat. Selain itu, siswa juga sering terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam hal menjaga kebersihan tempat belajar, bahwa siswa di sini tergolong baik. Siswa selalu menyapu kelasnya jika sudah terlihat kotor. Dalam hal menaati peraturan di sekolah, bahwa ternyata masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah, seperti siswa yang terlambat masuk sekolah, tidak mengikuti kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah, tidak rapi dalam berpakaian, rambut yang tidak rapi, dan siswa yang sering membolos Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, (1) Sebagai pembimbing, guru SMK Muhammadiyah Delangu selalu memberi arahan kepada siswa untuk selalu disiplin dan menaati peraturan, baik di sekolah maupun di luar sekolah. (2) Peran guru sebagai teladan adalah guru di SMK ini selalu mengajarkan siswa untuk selalu disiplin, contohnya guru PAI selalu memberi contoh kepada siswa untuk tepat waktu dalam masuk ke sekolah maupun masuk ke kelas, selain itu guru PAI selalu memberi contoh kepada ssiswa untuk membuang sampah pada tempatnya. (3) Peran guru sebagai motivator adalah mereka selalu memberi dorongan kepada siswa untuk selalu disiplin. Wujud dorongan yang mereka berikan yaitu dengan menceritakan bahwa banyak kakak kelas mereka yang sukses karena mereka selalu disiplin dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kedisiplinan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Oct 2015 06:35
Last Modified: 07 Oct 2021 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38073

Actions (login required)

View Item View Item