HUBUNGAN PELAYANAN DAN KREDIT PD. BPR BKK MOJOLABAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KECIL DI PASAR BEKONANG TAHUN 2007

Nurjanah, Fitri (2009) HUBUNGAN PELAYANAN DAN KREDIT PD. BPR BKK MOJOLABAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KECIL DI PASAR BEKONANG TAHUN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img]
Preview
PDF
A210050031.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan dan kredit yang diberikan BPR-BKK terhadap perkembangan usaha pedagang kecil di Pasar Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di PD. BPR-BKK Kecamatan Mojolaban. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kecil di Pasar Bekonang yang menjadi nasabah PD. BPR-BKK Mojolaban yang berjumlah 150 pedagang kecil. Sampel yang diambil adalah sebanyak 50 orang pedagang kecil yang diambil dengan teknik sampling aksidental. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi linier ganda, uji t, uji F dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pelayanan PD. BPR BKK Mojolaban berhubungan positif dengan perkembangan usaha pedagang kecil di Pasar Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 2,573 > 2,021 diterima pada taraf signifkansi 5%. Sumbangan rlatif pelayanan terhadap perkembangan usaha adalah sebear 41,6% dan sumbangan efektif sebesar 18,8%. (2) Kredit yang diberikan PD. BPR BKK Mojolaban berhubungan positif dengan perkembangan usaha pedagang kecil di Pasar Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 3,347 > 2,021 diterima pada taraf signifkansi 5%. Sumbangan relatif kredit terhadap perkembangan usaha adalah sebesar 26,4%. (3) Pelayanan dan kredit yang diberikan PD. BPR BKK Mojolaban secara bersama-sama berhubungan positif dengan perkembangan usaha pedagang kecil di Pasar Bekonang Kabupaten Sukoharjo. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 19,349 > 3,23 diterima pada taraf signifkansi 5%. Adapun hasil persamaan garis regresi: Y = 252298,7 + 7134,955.X1 + 0,061.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa perkembangan usaha pedagang kecil berkaitan dengan pelayanan dan kredit yang diberikan PD. BPR BKK Mojolaban. Kontribusi pelayanan dan kredit dalam meningkatkan perkembangan usaha pedagang kecil (sumbangan efektifnya ) adalah sebesar 45,2% dan sumbangan relatif sebesar 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kredit, perkembangan usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 06:11
Last Modified: 24 Oct 2011 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3802

Actions (login required)

View Item View Item