Arif Kurniawan, Muhammad and , Dra. Siti Taurat Aly, M.Pd (2015) Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Pengayaan “Cara Asyik Mengenal Bencana” Pada Materi Pembelajaran Keadaan Iklim Indonesia Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (596kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (773kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (456kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
Abstract
Bahan ajar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran yang dapat menentukan keberhasilan siswa. Bahan ajar yang digunakan tidak hanya sekedar bahan ajar yang menyajikan informasi tetapi harus memenuhi kualifikasi tertentu. Hasil pengembangan bahan ajar kebencanaan di tulis dibuku yang berjudul Cara Asyik Mengenal Bencana. Buku tersebut banyak menjelaskan tentang macam-macam bencana alam yang ada di Indonesia dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Tujuan penelitan untuk mengetahui efektivitas pengunaan bahan ajar “Cara Asyik Mengenal Bencana” pada materi pembelajaran keadaan iklim indonesia untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Siswa kelas VII A sampai G. ketujuh kelas tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 5 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran jigsaw. Sedangkan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi konvensional seperti ceramah. Hasil pembelajaran menunjukan adanya perbedaan. pada kelas eksperimen aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebanyak 9,2 yaitu dari nilai pre-test 74,8 pada nilai post-test meningkat menjadi 84,0. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan strategi konvensional dan tanpa menggunakan bahan ajar kebencanan aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebanyak 7,4. Hasil belajar menunjukan bahwa bahan ajar kebencanaan Cara Asyik Mengenal Bencana efektif digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Bahan Ajar Pengayaan ”Cara Asyik Mengenal Bencana” |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | M Arif Kurniawan |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 04:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38015 |
Actions (login required)
View Item |