Deni, Deni and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, MH. (2015) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di Perguruan Silat (Studi pada Siswa Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Purwantoro Cabang Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Abstract
Dewasa ini, banyak orang karakternya masih lemah. Setiap orang haruslah memiliki karakter yang kuat, karena karakter penting bagi seseorang, salah satunya karakter peduli sosial. PSHT sebagai organisasi pencak silat ikut serta dalam penanaman atau pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di perguruan silat (studi pada siswa perguruan silat PSHT ranting Purwantoro cabang Ponorogo). Pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dengan menerapkan model interaktif melalui pengmpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan cara triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Bentuk-bentuk pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial pada Siswa yaitu: Siswa berperilaku dengan sopan santun apabila berinteraksi dengan orang lain, siswa mau mendengarkan apabila diberi nasehat oleh orang lain, siswa toleran terhadap perbedaan dengan kelompok organisasi lain, siswa mau berbagi dengan orang lain dengan membagikan takjil, dan siswa mau terlibat dalam kegiatan masyarakat dengan kerja bakti dll; 2) Kendala pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial pada Siswa yaitu: Rendahnya sopan santun para siswa PSHT ranting Purwantoro dikarenakan sifat dasar (kurang baik) yang dimiliki oleh para siswa, sikap rendahnya toleransi atas perbedaan sehingga terjadi konflik dengan organisasi pencak silat lain yang disebabkan banyaknya siswa sehingga tidak mampu mengontrol dan mengawasi secara penuh dan karena masalah pribadi walaupun diakui jarang terjadi, sikap tidak mau mendengarkan orang lain dikarenakan siswa memiliki sifat egois yang masih tinggi, tidak melaksanakannya sikap mau berbagi dengan membagikan takjil kepada pengguna jalan secara keseluruhan oleh siswa PSHT ranting Purwantoro dan hanya dilakukan oleh rayon Purwantoro karena kurangnya komunikasi, kurang ikut sertanya siswa dalam kegiatan masyarakat disebabkan karena ada siswa yang memiliki sifat individual yang masih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa PSHT ranting Purwantoro telah melaksanakan pendidikan karakter peduli sosial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Peduli sosial, Pencak silat, PSHT. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Deni |
Date Deposited: | 20 Oct 2015 06:38 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37937 |
Actions (login required)
View Item |