ANALISA ALIRAN FLUIDA PADA INTAKE MANIFOLD MOBIL ESEMKA STANDAR DENGAN INTAKE MANIFOLD MODIFIKASI MENGGUNAKAN CFD (Computational Fluid Dynamis) PADA SOFTWARE ANSYS 15.0

Syah, Agus Pranoto and , Nur Aklis, ST, M.Eng and , Ir. H. Sarjito, MT, Ph.D (2015) ANALISA ALIRAN FLUIDA PADA INTAKE MANIFOLD MOBIL ESEMKA STANDAR DENGAN INTAKE MANIFOLD MODIFIKASI MENGGUNAKAN CFD (Computational Fluid Dynamis) PADA SOFTWARE ANSYS 15.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Intake manifold merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi intake manifold adalah untuk menghantar udara ke silinder atau ruang bakar, posisi dan sudut belokan pada runner sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan pencampuran bahan bakar didalam silinder atau ruang bakar. Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah untuk mengetahui perbedaan karakteristik aliran fluida, keseragaman pendistribusian aliran fluida dimasing-masing runner dan untuk mengetahui tingkat turbulensi aliran fluida pada silinder atau ruang bakar pada intake manifold standar dan setelah dimodifikasi. Penelitian dilakukan dengan merubah geometri sudut runner intake manifold standar yang memiliki sudut 80o menjadi 65o. Desain pembuatan intake manifold dengan menggunakan software solidworks 2013. Dari hasil simulasi CFD didapat nilai-nilai kecepatan dan penurunan tekanan pada outlet dimasing-masing runner yang menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi untuk intake manifold modifikasi dan penurunan tekanan tidak berbeda secara signifikan pada masing-masing runner intake manifold standar dan setelah dimodifikasi. Berdasarkan hasil simulasi menunjukkan pusaran (vortex) yang lebih baik pada intake manifold modifikasi jika dibandingkan dengan intake manifold standar yang terjadi didalam silinder atau ruang bakar. Kata kunci : Intake manifold, Runner, Vortex

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intake manifold, Runner, Vortex
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Agus Pranoto Syah
Date Deposited: 12 Oct 2015 06:56
Last Modified: 13 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37744

Actions (login required)

View Item View Item