Nugroho, Lingga Ady and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembuatan Paragraf Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Manyarejo Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Bagian Awal.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Keterangan Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan paragraf cerita melalui penggunaan gambar seri pada kelas IV SD Negeri Manyarejo tahun 2014/2015. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Manyarejo berjumlah 21 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dalam pembuatan paragraf cerita dengan menggunakan media Gambar seri di SD Negeri Manyarejo. Pada siklus I pertemuan ke-1 kreativitas menulis paragraf cerita pada siswa mencapai 38.09% (8 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa), mengalami peningkatan tetapi belum signifikan pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 52,38%(10 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Pada siklus II pertemuan ke-1 peningkatan prosentase kreativitas menulis paragraf cerita menjadi 71,42% (15 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Adapun peningkatan prosentase pada siklus II pertemuan ke-2 menjadi 95.23% (20 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Gambar seri dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan paragraf cerita pada siswa kelas IV Negeri Manyarejo kecamatan Plupuh kabupaten Sragen tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gambar Seri, Kreativitas, Media, Paragraf Cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Lingga Ady Nugroho |
Date Deposited: | 12 Oct 2015 06:35 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37734 |
Actions (login required)
View Item |