PURWANTO, TRI and , Nurul Hidayati, S.T., M.T., Ph.D. and , Drs. Gotot Slamet Mulyono, M.T. (2015) Analisa Arus Lalu-Lintas Menerus (Through Traffic) Di Kota Surakarta Dari Arah Tenggara. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Cover - Abstraksi.pdf Download (724kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab 1 Pdf.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab 2 Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab 3 Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab 4 Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (Bab V)
Bab 5 Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab VI)
Bab 6 Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi (Artikel).pdf Download (1MB) |
Abstract
Kota Surakarta merupakan salah satu kota besar di Propinsi Jawa Tengah dan sebagai daerah penghubung bagi kawasan hinterland-nya. Pergerakan menerus (through traffic) sebagai beban tambah bagi sistem jaringan dalam kota jika tidak tersedia jalan lingkar atau alternatif lain. Pola pergerakan yang akan terjadi pergerakan menerus (through traffic) dan pergerakan eksternal internal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume dan komposisi arus lalulintas, pola pergerakan dan prosentase pergerakan kendaraan dari arah Tenggara Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Minggu 10 Agustus 2014, berupa survai arus lalulintas di Jl. Ir Soekarno, Solo Baru, Sukoharjo. Tahap kedua dilaksanakan pada Minggu, 24 Agustus 2014 berupa survai asal tujuan kendaraan dengan metode wawancara secara random. Sampel terhadap responden selama 3 jam puncak dari 20% hasil penelitian tahap pertama. Berdasarkan analisa pembahasan dapat diketahui volume arus selama 12 jam sebanyak 27.049 kend (13.615,60 smp) dan selama 3 jam puncak 3.948,15 smp. Arus tersebut didominasi oleh sepeda motor (62,12%), mobil pribadi (31,74%) dan sisanya kendaraan lain. Lokasi asal pergerakan tercatat ada 11 daerah dengan mayoritas pergerakan berasal dari Sukoharjo 761 kendaraan (53,03%) dan Wonogiri 589 kendaraan (41,05%) selebihnya dari daerah lain (5,92%). Sedangkan lokasi tujuan pergerakan terdiri dari 26 daerah dengan jumlah terbanyak tujuan Kota Surakarta dengan jumlah 1099 kendaraan (76,59%).Selain itu, berdasarkan rute pergerakan kendaraan berat melalui Simpang Kerten: ada 26,74% pergerakan through traffic menuju ke Barat, 1,16% pergerakan through traffic ke Utara, 48,84% pergerakan eksternal-internal menuju ke Utara. Selain itu, 23,26% pergerakan eksternal-internal menuju Kota Surakarta tanpa melalui Simpang Kerten. Distribusi pergerakan yang terjadi adalah 23,41% through traffic dan 76,59% eksternal internal. Pergerakan through traffic untuk kendaraan ringan (LV) 13,24 %, sepeda motor (MC) 8,50% dan kendaraan berat (HV) 1,67%, sedangkan pergerakan eksternal-internal untuk kendaraan ringan 36,17%, sepeda motor 36,10% dan kendaraan berat 4,32%.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arus Lalulintas, Through Traffic, Jenis Kendaraan, Asal Tujuan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 08:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 22:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37584 |
Actions (login required)
View Item |