Aningsih, Anik and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Pengelolaan Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusi) Lambat Belajar Di SDN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Artikel Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (696kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (375kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Dalam lembaga pendidikan ada anak yang normal dan ada anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Perbedaan kondisi anak sebenarnya memerlukan pengelolaan yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) Perencanaan pendidikan karakter di SDN 2 Sragen, 2) Pengorganisasian pendidikan karakter, 3) Pelaksanaan pendidikan karakter, 4) Evaluasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus di SDN 2 Sragen. Metode yang digunakan adalah deskreptif dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sragen. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan peneliti dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility ( validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), confermabilitas (obyektifitas). Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dengan mengadakan seleksi untuk mengetahui ABK, Penyususnan RPP untuk kelas regular dan PPI untuk kelas ABK. 2) Pengorganisasian pendidikan karakter berdasarkan jenis kelemahan/ kekurangan pada anak, adanya pembinaan dari guru kelas dan guru BP. 3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter ABK secara inklusif ( belajar bersama anak normal/ kelas regular) dan untuk ABK mendapat bimbingan dari guru khusus yang berpotensi (BP). Pembelajaran pendidikan karakter disampaikan melalui kegiatan sehari-hari, seperti penanaman kejujuran saat ulangan, disiplin waktu,tanggungjawab melaksanakan tugas, dan kebersamaan untuk menjaga kerukunan. 4) Evaluasi pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui observasi (pengamatan) dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Fungsi evaluasi untuk mengetahui apakah selama mengikuti pembelajaran karakter anak mengalami perubahan atau tidak.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Anik Aningsih |
Date Deposited: | 12 Oct 2015 02:57 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 12:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37505 |
Actions (login required)
View Item |