Penyesuaian Sosial Pada Siswa Akselerasi

Ayu Citi Wardhani, Diandra and , Dr. Moordiningsih, M.Si. (2015) Penyesuaian Sosial Pada Siswa Akselerasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (809kB)

Abstract

Program percepatan (akselerasi) belajar untuk siswa SD, SLTP, dan SLTA yang dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2000, diberikan bagi siswa dengan kecerdasan dan kemampuan luar biasa untuk dapat menyelesaikan pendidikan dengan waktu lebih awal. Penyesuaian sosial di sekolah diartikan sebagai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekolah secara wajar, sehingga terjalin kepuasan bagi diri dan lingkungannya. Menjadi murid yang duduk di kelas akselerasi merupakan beban yang relatif berat, apalagi jika tidak didukung oleh kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya. Murid akselerasi harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk mempertahankan prestasi di kelasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan proses penyesuaian sosial pada siswa akselerasi.Teknik pemilihan informan yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling,berdasarkan ciri-ciri yaitu, merupakan siswa akselerasi, dan berusia 15-17 tahun, berjumlah 58 informan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan kuesioner terbuka. Kelas akselerasi adalah kelas percepatan, diadakan bagi siswa yang memiliki IQ istimewa atau di atas rata-rata. Permasalahan terkait siswa akselerasi antara lain kesulitan dalam memanajemen waktu, menyebabkan siswa akselerasi merasa stress. Cara mengatasinya adalah mengikuti les atau bimbingan belajar, mengisi waktu luang, dan berusaha menyempatkan waktu untuk bertemu teman. Adanya perbedaan suku/ras dan perbedaan pendapat memunculkan permasalahan antar teman satu kelas akselerasi. Bila bertemu dengan teman-teman di luar kelas, siswa akselerasi cenderung merasa dikucilkan karena dianggap berbeda dan sombong, dari sikap siswa di luar kelas akselerasi yang cenderung seperti mengabaikan. Namun siswa akselerasi tetap menghormati orang lain, yaitu dengan cara menyapanya, menerima perbedaan, dan bersikap sopan. Siswa akselerasi juga tetap mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah, dan berusaha mengikuti aktif kegiatan-kegiatan yang diadakan di sekolah, rumah, maupun lingkungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian sosial, siswa akselerasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 18 Sep 2015 06:37
Last Modified: 12 Oct 2021 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37479

Actions (login required)

View Item View Item