Riangsari, Aziza and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2015) Jenis Dan Tema Teks Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademi Kelas X Serta Relevansinya Dengan Kompetensi Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (655kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (746kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF (LAMMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi kelas X, (2) tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi kelas X, (3) relevansi jenis teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi kelas X dengan Kurikulum 2013, dan (4) relevansi tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi kelas X dengan Kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam buku siswa. Kemudian, sumber data penelitian ini adalah buku siswa berjudul Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi, untuk SMA Kelas X edisi Revisi 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik simak-catat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pembacaan semiotik dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) ditemukan 9 jenis teks yaitu, teks laporan, teks laporan informatif, teks puisi, teks pantun, teks perintah/instruksi, teks panduan, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks negosiasi, (2) ditemukan 6 tema teks yaitu, tema alam semesta, sikap warga negara yang baik, seni berpendapat dalam forum ekonomi dan politik, kritik sosial melalui humor, seni bernegosiasi dalam wirausaha, dan pemanfaatan teks dalam kehidupan nyata, (3) terdapat 7 jenis teks yang relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, jenis teks laporan, teks laporan informatif, teks panduan, teks perintah, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks negosiasi. Kemudian ada 2 jenis teks yang tidak relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, jenis teks puisi dan teks pantun. (4) Ditemukan enam tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X yang seluruhnya dinyatakan relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, tema alam semesta, sikap warga negara yang baik, seni berpendapat dalam forum ekonomi dan politik, kritik sosial melalui humor, seni bernegosiasi dalam wirausaha, dan pemanfaatan teks dalam kehidupan nyata
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jenis teks, tema teks, buku siswa, Kurikulum 2013 |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Aziza Riangsari |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 02:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37467 |
Actions (login required)
View Item |