Ayu Fatmawati, Latifa and , Taufik Kasturi, S.Psi., M.Si., Ph.D and , Dra. Hj. Chusniatun, M.Ag. (2015) Adversity Quotient Pada Guru Paud Daerah Rawan Bencana Lereng Gunung Merapi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (561kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (869kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (476kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
Abstract
Adversity Quotient merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam menghadapi kesulitan hingga menemukan jalan keluar. Guru PAUD adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar , membimbing dan mengevaluasi peserta didik dalam pendidikan anak usia 3 bulan hingga 6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Adversity Quotient pada guru PAUD daerah rawan bencana lereng gunung Merapi. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang guru PAUD dengan karakteristik sebagai berikut: 1) Guru bertempat tinggal di kawasan lereng gunung Merapi, yaitu warga desa Balerante; 2) Guru yang berada pada rentang usia 20-40 tahun. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang mengajar di PAUD memiliki kemampuan Adversity quotient, sehingga guru mampu menyelesaikan kesulitan yang dihadapinya, dalam hal ini kesulitan mencari tema yang akan disampaikan kepada peserta didik. Kesulitan mencari tema disebabkan karena PAUD yang ada di daerah rawan bencana erupsi Merapi tergolong baru dan belum tercatat didalam Dinas Pendidikan, sehingga materi yang akan disampaikan belum mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, melainkan menggunakan rencana pembelajaran yang telah disusun dengan menggunakan bahan atau media yang ada di lingkungan sekitar sebagai materi yang akan di sampaikan. Temuan lain dalam penelitian ini adalah faktor keikhlasan. Ikhlas yang dimaksud disini adalah guru mengajar di PAUD dengan semangat dan senang hati tanpa berharap mendapatkan imbalan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adversity Quotient, Guru, PAUD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Latifa Ayu Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 02:08 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 12:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37442 |
Actions (login required)
View Item |