Hastuti , Umayah Dwi (2009) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN INTERAKSI GURU PADA ANAK DIDIK DENGAN KEEFEKTIFAN BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100040173.pdf Download (39kB) |
|
PDF
F100040173.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
Abstract
Keberhasilan siswa untuk belajar secara efektif tidak lepas dari peran guru dalam melakukan pendekatan dan pengontrolan terhadap siswa dalam kelas, melakukan interaksi yang baik dan harus kreatif dalam menciptakan suasana pengajaran yang menyenangkan sehingga anak lebih efektif dalam belajar dan lebih maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dan interaksi guru pada anak didik dengan keefektifan belajar di taman kanak-kanak. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan amtara kreativitas dan interaksi guru pada anak didik dengan keefektifan belajar di taman kanak-kanak. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru : a) TK. Roudlatul Athfal Timpik, Kec. Susukan, Kab. Semarang; b) TK PKK, Ds. Jetis, Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang; c) Pendidikan Anak Usia Dini, Timpik, Kec. Susukan, Kab. Semarang; d) TK/RA Al Faalah, Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang. Jumlah guru yang dijadikan sampel penelitian ini ada 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kreativitas guru, skala interaksi guru dan skala keefektifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,685, Fregresi = 16,395; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara kreativitas guru dan interaksi guru dengan keefektifan belajar siswa. Hasil analisis korelasi rpar-x1y sebesar 0,479 dengan p = 0,001 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kreativitas guru dengan keefektifan belajar siswa. Semakin tinggi kreativitas guru maka semakin tinggi keefektifan belajar siswa. Hasil analisis korelasi rpar-x2y sebesar 0,342 dengan p = 0,016 (p < 0,05) berarti ada hubungan positif yang signifikan antara interaksi guru dengan keefektifan belajar siswa. Semakin tinggi interaksi guru maka semakin tinggi keefektifan belajar siswa. Peranan atau sumbangan efektif kreativitas guru terhadap keefektifan belajar siswa sebesar 39,975% dan sumbangan efektif interaksi guru terhadap keefektifan belajar siswa sebesar 7,008%. Total sumbangan efektif sebesar 46,983% Kreativitas guru subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 113,950 dan rerata hipotetik (RH) = 95. Interaksi guru pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 104,925 dan rerata hipotetik (RH) = 87,5. Keefektifan belajar siswa pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan dengan rerata empirik (RE) = 93,150 dan rerata hipotik (RH) = 90. Adapun kesimpulan penelitian ini menyatakan ada hubungan yang sangat signifikan antara kreativitas guru dan interaksi guru dengan keefektifan belajar siswa, yang berarti variabel kreativitas guru dan interaksi guru dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan keefektifan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, kreatifitas, interaksi guru, keefektifan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 05:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 11:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
View Item |