KUSUMANINGGALIH, WULAN and , Kelik Wardiono, S.H., M.H. and , Muhammad Sandjaja, S.H.,M.Hum. (2015) Konsumen Dan Promosi Kartu Debet: Studi terhadap Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Surakarta Nomor 01-02/Jk/II/2014/Bpsk.Ska dalam Sengketa Konsumen Tentang Kartu BPD Card Gold. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf Download (637kB) |
|
PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Naskah publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (197kB) |
Abstract
Promosi yang dilakukan perusahaan perbankan menuntut tanggungjawab pihak perbankan untuk melaksanakannya. Konsumen yang dirugikan bisa menggugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha atau melalui peradilan yang berada di lingkungan peradilan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pertimbangan hukum dari Majelis BPSK Surakarta dalam memeriksa dan menyelesaikan sengketa tentang Kartu BPD Card Gold antara konsumen melawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah; 2) Untuk mendeskripsikan amar putusan dari Majelis BPSK Surakarta dalam memeriksa dan menyelesaikan sengketa tentang Kartu BPD Card Gold antara konsumen melawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yuridis normatif yaitu kesesuaian dan ketepatan putusan yang dijatuhkan BPSK Surakarta dalam sengketa konsumen melawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah ditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Sumber data menggunakan data sekunder berupa Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Surakarta Nomor 01-02/Jk/Ii/2014/Bpsk.Ska. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pertimbangan Majelis BPSK Surakarta mengenai kewenangan BPSK untuk memeriksa sengketa konsumen adalah kewenangan abs olut BPSK menyelesaikan sengketa konsumen (Pasal 45 ayat 1 UUPK) serta kewenangan BPSK untuk memeriksa dan memutuskan gugatan immaterial (Pasal 60 ayat (1) UUPK). Selanjutnya dalam pokok sengketa, pertimbangan Majelis BPSK mencakup ada atau tidaknya pelanggaran terhadap Pasal 8 ayat (1) huruf f UUPK, tuntutan ganti rugi materiil, tuntutan kepada pelaku usaha untuk melakukan perbuatan tertentu, serta tuntutan ganti rugi immateriil; 2) Amar putusan dari Majelis BPSK Surakarta dalam memeriksa dan menyelesaikan sengketa tentang Kartu BPD Card Gold antara konsumen melawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah adalah mengabulkan permohonan Pengadu (konsumen) untuk sebagian telah sesuai Pasal 8 (1) huruf f Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sesuai pula dengan Pasal 19 ayat (1) UUPK yang mewajibkan Pelaku Usaha untuk bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi. Kata Kunci: promosi perbankan, sengketa konsumen, BPSK
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | promosi perbankan, sengketa konsumen, BPSK |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 11:55 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37350 |
Actions (login required)
View Item |