Aspek Etos Kerja Pada Tokoh Utama Dalam Film Tampan Tailor Karya Guntur Soeharjanto: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Roviana, Roviana and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Joko Santoso, M.Ag (2015) Aspek Etos Kerja Pada Tokoh Utama Dalam Film Tampan Tailor Karya Guntur Soeharjanto: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04 BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (BAB II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (BAB III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (BAB V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (914kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01 SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) latar sosio-historis Guntur Soeharjanto beserta karya-karyanya, (2) struktur pembangun film Tampan Tailor, (3) aspek etos kerja pada tokoh utama film Tampan Tailor dikaji dengan psikologi sastra, dan (4) mengimplementasikan aspek etos kerja dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Adapun objek yang diteliti adalah aspek etos kerja tokoh utama dalam film Tampan Tailor karya Guntur Soeharjanto dengan tinjauan psikologi sastra. Data yang digunakan berupa percakapan yang mengandung makna aspek etos kerja dalam film Tampan Tailor. Sumber data primer berupa DVD film Tampan Tailor karya Guntur Soeharjanto dan sumber data sekunder menggunakan buku-buku yang relevan, misalnya penelitian yang terkait dengan etos kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil dari penelitian ini ada empat yakni, (1) analisis latar sosio-historis Guntur Soeharjanto yang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah yang telah menghasilkan beberapa film, (2) hasil analisis struktural yang ada dalam film Tampan Tailor yakni, tema dalam film Tampan Tailor digambarkan perjuangan seorang ayah yang berprofesi sebagai tukang jahit miskin hanya untuk membahagiakan anak semata wayangnya. Ada beberapa tokoh yang ada dalam Film Tampan Tailor yakni, Topan, Bintang, Prita, Darman, Atun, Supri, dan Pak Kris. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar pada film dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial, (3) hasil analisis ditemukan adanya apek etos kerja pada tokoh utama dalam film Tampan Tailor. Aspek etos kerja terdiri dari tiga yaitu aspek keahlian interpersonal, aspek inisiatif, dan dapat diandalkan, (4) aspek etos kerja dalam film tersebut dapat diimplementasikan sebagai pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek etos kerja, film Tampan Tailor, psikologi sastra, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Roviana
Date Deposited: 02 Sep 2015 04:40
Last Modified: 07 Oct 2021 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37310

Actions (login required)

View Item View Item