Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)

Pratamawati, Erlina and , Drs. Agus Endro Suwarno, M. Si (2015) Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (637kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (444kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Price Book Value. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012. Metode pengumpulan sampel dengan cara purposive sampling sesuai kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 740 perusahaan. Data yang terkumpul dianalisis terlebih dahulu menggunakan uji asumsi klasik. Dan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi diperoleh nulai sebesar 0,776 yang berarti bahwa 77,6 % nilai perusahaan dipengaruhi oleh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan tingkat suku bunga sedangkan sisanya sebesar 22,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel ini. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung (65,894) diterima pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa secara parsial keputusan investasi dan tingkat suku bunga berpengaruh secara signifikan pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan investasi dan tingkat suku bunga dapat mempengaruhi baik buruknya nilai perusahaan manufaktur. Sedangkan keputusan pendanaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti keputusan pendanaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh pada baik buruknya nilai perusahaan khususnya perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi,Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Tingkat Suku Bunga, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 28 Aug 2015 07:39
Last Modified: 18 Oct 2016 07:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37239

Actions (login required)

View Item View Item