Suwito, Suwito and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag and , Dr. Ari Anshori, M.Ag (2015) Telaah Kurikulum di SDIP Al Madinah Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (280kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III o.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
surat pernyataan publiksi.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIP) Al Madinah Kartasura merupakan salah satu sekolah yang bercirikan Islam.SDIP Al Madinah Kartasura menerapkan metode terpadu dengan sistem full day school.SDIP Al Madinah Kartasura memadukan kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas) dan kurikulum Arab Saudi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana model kurikulum di SDIP Al Madinah Kartasura?, (2) bagaimana pelaksanaan kurikulum di SDIP Al Madinah Kartasura?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model kurikulum di SDIP Al Madinah Kartasura, serta mendeskripsikan tentang pelaksanaan kurikulum di SDIP Al MadinahKartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah: (1) sumber data primer, yaitu: kepala sekolah dan wakil kepala sekolah (wakasek) I bidang kurikulum, serta guru. (2) Sumber data sekunder, yaitu dokumen sekolah, penelitian sebelumnya, buku-buku dan jurnal yang menjadi referensi. Data-data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun metode analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa (1)SDIP Al Madinah Kartasura menerapkan kurikulum terpadu (integrated curriculum), hal ini dapat dilihat dari buku-buku yang digunakan; sedangkan model kurikulumnya adalah kurikulum subjek akademik; (2) Bentuk kurikulum yang diterapkan di SDIP Al Madinah Kartasura adalah (a) kurikulum ideal (ideal curriculum), yaitu menerapkan kurikulum dari Dinas Pendidikan Nasional(KTSP dan kurikulum 2013)dan kurikulum Arab Saudi, (b) kurikulum nyata/aktual (real curriculum or actual curriculum), yaitu pada pelajaran Hafalan al Qur’an yang belum bisa mencapai target yang diinginkan, hal itudisebabkan olehkemampuan anak dan keterbatasan guru hafalan, dan (c) kurikulum tersembunyi (hidden curriculum), yaitu adanya beberapa siswa yang melaksanakan shalat sunnah karena mencontoh gurunya;(3) SDIP Al Madinah Kartasura telah melaksanakan kurikulum dengan baik. Hal itu terbukti dengan terlaksananya koordinasi dalam perencanaan, koordinasi dalam pengorganisasian, koordinasi dalam memotivasi personal, koordinasi dalam pengawasan dan supervisi, serta koordinasi dalam program evaluasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Telaah Kurikulum, Model Kurikulum, Sekolah Terpadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Suwito |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 03:06 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 14:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37184 |
Actions (login required)
View Item |